Lisensi Gambar Fotografi Dijelaskan dalam 2 Menit! Check It Out!!!

Jadi Anda menyewa seorang fotografer untuk melakukan beberapa pekerjaan untuk Anda dan dia menyebutkan lisensi. Apa itu lisensi, mengapa saya harus menghadapinya dan tidakkah akan lebih mudah jika kita melupakan semuanya dan Anda hanya memberikan fotonya?

Ya, jawaban singkatnya adalah bahwa ada banyak cara untuk menggunakan dan menyalahgunakan foto yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan dalam 100 tahun, tetapi undang-undang hak cipta A.S. ada untuk melindungi pencipta karya seni ketika segala sesuatunya menjadi rumit.

Oke, jadi bagaimana hal menjadi rumit?

Bayangkan Anda membuat lukisan anjing Anda yang indah. Anda menunjukkan lukisan Anda di pameran negara dan itu dijual seharga $ 20. Anda mendengar beberapa tahun kemudian bahwa lukisan itu tergantung di atas mantel di rumah pemilik baru, mereka menyukainya dan menikmatinya setiap hari.

Sekarang, bagaimana jika Anda mendengar bahwa pasangan yang sama, mengambil foto lukisan Anda dan membawanya ke perusahaan makanan anjing, mendapat kontrak besar. Mereka melisensikan pekerjaan Anda untuk digunakan pada kantong makanan anjing seharga 5 juta dolar. Yah, untungnya bagi Anda itu ilegal, karena Anda memiliki “kekayaan intelektual” lukisan itu. Meskipun Anda tidak lagi memiliki lukisan fisik. Itu karena artis selalu memiliki hak cipta untuk gambarnya sendiri. Pasangan itu dapat membakar lukisan yang sebenarnya atau membuangnya karena mereka memilikinya, tetapi mereka tidak dapat mentransfer hak cipta karena tidak pernah menjadi milik mereka untuk dijual.

Biasanya perusahaan makanan anjing akan lebih tahu daripada menggunakan gambar yang mereka tidak punya hak untuk menggunakannya. Jadi, katakanlah perusahaan makanan anjing memanggil Anda dan ingin menggunakan gambar Anda, mereka ingin persediaan makanan anjing sangat terbatas dan menawarkan $ 500. Kemudian, setelah Anda menyetujui persyaratan mereka memutuskan untuk menggunakan gambar Anda untuk semua produk mereka, kampanye iklan nasional, papan iklan dan setiap kantong makanan anjing yang mereka buat. Mereka juga memutuskan bahwa mereka sudah membayar Anda sehingga tidak akan ada pembayaran tambahan. Sekali lagi, untungnya bagi Anda, perusahaan makanan anjing tidak membeli hak cipta. Mereka hanya membayar lisensi penggunaan khusus untuk kebutuhan mereka. Jika perusahaan memutuskan untuk menggunakan gambar Anda pada kampanye besar, maka Anda akan melisensikan gambar Anda berdasarkan seberapa banyak penggunaan gambar tersebut.

Jadi apa yang kita pelajari? Pertama, artis menyimpan hak cipta untuk karya kreatif mereka, dan dengan demikian, artis dapat terus menjual cetakan atau lisensi gambar yang sama. Kedua, jika Anda membeli gambar tidak ada transfer hak cipta yang tersirat, jadi Anda tidak dapat membaginya dengan bisnis lain karena itu bukan milik Anda untuk diberikan. Ketiga, perizinan adalah cara Anda mendapatkan gambar untuk digunakan dalam iklan, dan lisensi disesuaikan dengan cara gambar akan digunakan.

Jadi siapa yang menang ketika gambar dilisensikan untuk digunakan? Semua orang, sistem saat ini memastikan bahwa gambar tidak dapat dieksploitasi oleh pihak ketiga, artis dibayar untuk pekerjaan mereka dan klien hanya membayar untuk apa yang mereka butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *