Tips Untuk Mengedit File Mentah Kamera Di Adobe Lightroom

Menggunakan file gambar mentah

Gambar mentah membawa detail yang belum diproses yang dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi foto yang hebat. Gambar jpeg biasa yang Anda klik menggunakan kamera secara otomatis ditingkatkan tergantung pada pembuat kamera. Gambar mentah tidak tersentuh oleh pengaturan otomatis kamera.

Format file mentah kamera berubah dengan nomor merek dan model kamera. Format baku kamera yang umum digunakan adalah format Negatif Digital atau DNG.

Lightroom mendukung impor berbagai jenis file mentah. Versi iOS Lightroom juga menawarkan pengeditan gambar mentah tertentu yang dapat dibuka di versi desktop untuk peningkatan lebih lanjut.

12 Tips untuk mengembangkan gambar mentah Anda dengan indah

Impor gambar mentah Anda di ruang kerja Lightroom dan ikuti tips ini sesuai hasil yang diperlukan:

1. Menambahkan white balance

Ketika Anda mengklik opsi white balance, ada daftar pop-up dari opsi white balance seperti siang hari, berawan, tungsten dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan salah satu opsi untuk memperbaiki keseimbangan putih gambar mentah Anda atau mencoba opsi yang lebih baik dari daftar.

2. Koreksi Warna dan Nada

Sesuaikan keseimbangan warna dalam foto. Kejernihan, getaran, rona, saturasi, kurva nada, dll. Adalah beberapa opsi Lightroom untuk memperbaiki warna dan nada gambar. Slider getaran digunakan untuk mengontrol saturasi tetapi tidak terlalu jenuh warna kulit.

3. Perbaiki eksposur

Gambar mentah mungkin terlalu terang atau kurang terang. Gunakan slider eksposur untuk menambah atau mengurangi nilai eksposur.

4. Tingkatkan detailnya

Gunakan alat isian untuk mengembalikan detail yang hilang pada gambar yang ada di file mentah.

Jumlah kecerahan yang ditangkap oleh gambar mentah jauh lebih banyak daripada gambar jpeg biasa. Sesuaikan nilai dalam slider highlight untuk memulihkan detail dari gambar mentah di Lightroom.

5. efek Vignette

Lightroom memiliki fitur vignetting pasca pemangkasan yang dapat digunakan untuk menambahkan efek ke gambar yang dipangkas.

Jika Anda memiliki banyak highlight di gambar Anda, lalu pilih efek Highlight Priority. Pilih efek Prioritas Warna untuk mempertahankan rona warna pada gambar mentah Anda. Pilih opsi Paint Overlay untuk memadukan warna hitam dan putih dengan warna asli gambar mentah Anda.

6. Efek biji-bijian

Tambahkan gaya butir film ke gambar mentah Anda untuk membuat efek butir. Untuk mengungkapkan bagian dari gambar, tambahkan efek butir ke seluruh area gambar dengan nilai yang lebih tinggi sebagai jumlah butir. Anda dapat mengontrol ukuran, jumlah, dan kekasaran biji. Untuk gambar yang buram, tambah ukuran partikel butiran hingga lebih dari 25%.

7. Efek Dehaze

Ada kalanya kondisi cuaca dapat menyebabkan gambar kabur dengan asap atau kabut. Untuk memperbaiki kekaburan atau menyesuaikannya, gunakan efek dehaze. Setelah Anda membuat perubahan yang diperlukan pada foto dengan menyesuaikan warna, kecerahan, dll., Pergi dan pilih opsi “Dehaze” di panel efek.

8. Filter Radial

Untuk fokus pada orang atau objek dalam suatu gambar, Anda dapat menggunakan filter radial. Setelah Anda memilih filter radial dari toolbar, Anda perlu memilih area fokus. Filter memberi Anda pilihan untuk menerapkan modifikasi di dalam atau di luar lingkaran yang Anda buat.

Saat bekerja pada proyek untuk layanan retouching foto, Anda dapat menambahkan lebih banyak filter radial pada gambar untuk membawa banyak objek menjadi fokus.

9. Lukis dengan sikat Penyesuaian

Lightroom memberi Anda kebebasan untuk melukis penyesuaian lokal seperti kecerahan, warna, saturasi, kejernihan dan banyak lagi. Alternatif ini memungkinkan Anda melukis penyesuaian di bagian gambar sesuai pilihan Anda.

Hasil serupa dapat dicapai dengan alat Filter Lulus.

10. Retouching

Profesional banyak menggunakan fitur perbaikan Lightroom untuk memberikan retouching foto berkualitas tinggi. Anda dapat menghapus noda, mengatur kecerahan, dan membuat banyak penyesuaian untuk memperbaiki foto.

Ini ada satu tip cepat; sebelum mulai memperbaiki potret, centang “Koreksi profil” dan “Hapus penyimpangan berwarna” pada tab dasar di bawah tab koreksi lensa untuk memperbaiki distorsi yang ditangkap oleh lensa kamera.

11. Simpan preset

Anda dapat menyimpan perubahan yang Anda buat menggunakan alat Brush Penyesuaian atau alat Filter Lulus sebagai preset. Gunakan “Pengaturan Koreksi Lokal Baru” untuk menyimpan pengaturan awal yang disesuaikan dan menggunakannya kembali saat bekerja dengan gambar mentah. Preset ini dapat bermanfaat saat bekerja pada koreksi warna gambar yang sama.

12. Tambahkan Camera Raw

Anda dapat menggunakan plugin Camera Raw dengan Lightroom untuk memperbaiki perspektif yang terdistorsi dan melakukan lebih banyak. Camera Raw adalah prosesor gambar mentah lain dari Adobe dan memiliki fungsi pengeditan foto yang serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *